Selasa, 22 Mei 2012

Memanfaatkan Lahan Sempit untuk Penangkaran


Category: Tentang Penangkaran


Lahan kosong bisa bermanfaat bagi kegiatan apa saja, luas maupun sempit yang penting ada niat untuk mengfungsikannya. Liberty Bird Farm (LBF) yang sedang membangun Breeding Complex ini menggunakan lahan yang tidak begitu luas, hanya 110m2. Dari lahan yang tidak luas ini LBF membangun 3 kandang penangkaran utama, kandang terapi, dan kandang mastering, ada kubah burung (bentuknya sih kotak), dan sedikit taman untuk relaksasi mata. Dengan modal hanya +/- Rp. 100 juta, Insya Allah Breeding Complex ini segera jadi.
Dari ulasan di atas, LBF berharap rekan – rekan kicau mania tidak perlu khawatir untuk memulai sebuah penangkaran, karena memang menangkar burung tidak mesti harus punya lahan luas. Kalau ikut-ikutan Sang Maestro (B n R) ya…. sulit sekali….. B n R membuat Breeding Complex di daerah Bogor (di kaki gunung salak) luasnya sekian hektar.Kicau Mania yang modalnya gak tebal bisa saja mulai menangkar burung dengan modal yang minimum. LBF memulai penangkaran baru pada tanggal 10 Juli 2010, Indukan baru satu pasang didapat dari bedol kandang dari Pak Samino Klaten (maaf bukan Pak Samino Lintang Songo). Rencananya Bulan Oktober mendatang LBF akan hunting Indukan Murai 1 pasang lagi, dan Love Bird 2 pasang, menurut kami itu saja sudah lebih dari cukup. Dalam menangkar burung yang penting niat dan jangan berharap untung dulu. Benar kata Om Duto, menangkar burung harus berdasarkan pada keinginan untuk melestarikan satwa, kalau kemudian hal tersebut mempunyai efek pada sisi ekonomi ya kita syukuri saja. Betulkan Om Duto?
Berikut foto-foto Breeding Complex LBF Pemalang (Cukup Sederhana Kok)


Information & Technology atau yang biasa disingkat IT ini memang menjadi luar biasa di era globalisasi seperti sekarang ini. Banyak hal bisa dilakukan dengan menggunakan  IT ini. Liberty Bird Farm (LBF) yang memang Pemula dalam hal penangkaran burung sangat terbantu dengan IT ini, betapa tidak akses internet yang tanpa batas memungkinkan LBF memperoleh banyak pengetahuan dari teman – teman secara online, sebut saja dua tokoh per-burung-an Om Duto (Solo) dan Om Irvan (Yogyakarta), kedua tokoh muda ini bisa dikatakan pioneer bagi dunia Burung Kicau. Betapa tidak Om Duto terkenal dengan BirdVit-nya dan Om Irvan terkenal dengan SmartMastering-nya. LBF belum pernah sekalipun bertemu dengan dua jagoan burung ini, akan tetapi dengan memanfaatkan IT, LBF bisa mendapat banyak masukan dan arahan untuk kemajuan penangkaran burung.  Untuk itu bagi teman-teman semua jangan Gaptek deh…. mulailah mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan IT di dalam usaha apapun. Karena dunia modern sekarang ini begitu cepat dan deras perubahannya.

1 komentar:

  1. mantap gan info nya sangat membantu

    http://vitaminburung.com/vitamin-super-gacor

    BalasHapus